Cara Menghitung Pajak Progresif Kendaraan

Cara Menghitung Pajak Progresif Kendaraan yang Benar

  • Posted by:
  • Posted on:
  • Category:
    PendidikanPendidikan
  • System:
    Unknown
  • Price:
    USD 0
  • Views:
    0 views

Cara Menghitung Pajak Progresif Kendaraan yang Benar yang bisa kamu baca dan pelajari dengan seksama sehingga ketika kamu memiliki kendaraan tentu tidak lagi bingung tentang pajak progresif kendaraan yang di tetapkan oleh presiden.

Cara Menghitung Pajak Progresif Kendaraan ini sebenarnya sudah banyak di ulas namun jika kamu ingin membeli kendaraan pribadi guna penuhi kebutuhan mobilisasi? Hal ini bisa saja Anda lakukan sesuai keinginan.

Namun apakah Anda tahu, bahwa setiap kendaraan yang Anda miliki kelak akan dikenakan pajak berdasarkan kuantitasnya?

Agar lebih tepat tatkala membayar, mari perhatikan cara menghitung pajak progresif kendaraan yang benar dalam artikel berikut ini.

1. Cara Menghitung Pajak Progresif Kendaraan

Cara Menghitung Pajak Progresif Kendaraan
Cara Menghitung Pajak Progresif Kendaraan

Pengertian Pajak Progresif

Pajak progresif kendaraan sebenarnya adalah besaran pajak yang dibebankan kepada pemilik kendaraan bermotor, baik berupa roda empat maupun roda dua dengan pajak pertambahan nilai.

Pajak progresif kendaraan dibayarkan berdasarkan jumlah atau kuantitas dan harga atau nilai dari objek tersebut. Namun, pajak ini hanya diberlakukan bila Anda memiliki kendaraan lebih dari satu.

Selain itu, kendaraan pun harus dimiliki berdasarkan nama sendiri ataupun anggota keluarga yang tinggal satu atap. Perlu Anda ketahui, jika pajak progresif mengikuti sebuah aturan bernama Undang Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Cara Menghitung Pajak Progresif Kendaraan Dalam peraturan ini dijelaskan pula cara menghitung pajak progresif kendaraan.

Secara umum, Pajak progresif kendaraan atau tarif pajak progresif mobil menggunakan rumus +0,5% setiap penambahan mobil yang dimiliki.

Misalnya mobil pertama akan dikenai pajak 1,5%, ketika Anda memiliki mobil kedua maka akan dikenakan tarif 1,5% + 0.5%=2%, lalu membeli mobil lagi akan dikenakan 2,5% dan seterusnya.

Semakin banyak unit mobil yang anda miliki maka sudah bisa dipastikan semakin besar tarif pajak progresifnya. Jadi setiap mobil nanti akan berbeda tarifnya.

Perhitungan pajak progresif mobil ini sendiri pada dasarnya dimulai dengan menghitung NJKB menggunakan rumus (Pajak Progresif Kendaraan : 2) x 100.

Untuk bisa melihat nilai PKB kendaraan Anda, cobalah untuk mengeceknya di balik Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

2. Contoh Perhitungan Pajak Progresif

Contoh cara menghitung pajak progresif kendaraan yaitu bila Anda memiliki 2 unit mobil dengan tipe dan tahun yang sama.

Kemudian nilai PKB yaitu Rp. 2.000.000 dan SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan) yaitu Rp. 200.000.

  • NJKB yang Anda dapatkan yakni (PKB : 2) x 100 = (Rp. 2.000.000 : 2) x 100 = Rp. 100.000.000.
  • Maka perhitungan pajak progresif untuk mobil pertama ialah PKB = NJKB x persentase = Rp. 100.000.000 x 1,5% = Rp. 1.500.000.
  • Kemudian ditambah dengan SWDKLLJ yaitu Rp. 1.500.000 + Rp. 200.000 = Rp. 1.700.000.
  • Sementara mobil kedua yakni PKB = Rp. 100.000.000 x 2% = Rp. 2.000.000.
  • Pajak progresif yang dibebankan untuk mobil kedua yakni Rp. 2.000.000 + Rp. 200.000 (SWDKLLJ) = Rp. 2.200.000.

Sejatinya cara menghitung pajak progresif kendaraan bergantung pada peraturan di setiap daerah.

Misalkan saja di DKI Jakarta dalam Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 2 Tahun 2015, yang mana persentase tarif pajak progresifnya dimulai di angka 2%.

Sebagai warga negara yang baik harus selalu mematuhi segala peraturan dari pemerintahan, salah satunya pajak.

Sebenarnya pajak progresif yang dibebankan di setiap warga negaranya tak hanya pajak kendaraan bermotor (PKB) semata, melainkan terdapat pula Pajak Penghasilan atau PPh.

Demikian sekilas informasi tentang Cara Menghitung Pajak Progresif Kendaraan yang Benar, dan semoga saja bisa bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan anda.


Rating

4

( 256 Votes )
Please Rate!
Cara Menghitung Pajak Progresif Kendaraan yang Benar

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this software useful...

Follow us on social media!

Gravatar Image
Kuninggading.com adalah salah satu Website Directory Software yang bisa anda manfaatkan sebagai situs langganan download software terbaru dan terupdate. mulai dari aplikasi komputer, laptop serta aplikasi andorid yang bisa anda download sekarang secara gratis

Leave a Reply