SEO Untuk Seluler Yang Harus Anda Ketahui

Ketika berbicara tentang SEO pada halaman, Anda perlu mendesain situs terlebih dahulu untuk pengguna seluler, lalu fokus pada menambahkan elemen yang akan membuat situs juga ramah pengguna untuk pengunjung PC. Jika Anda tidak memiliki situs yang dioptimalkan untuk penggunaan seluler, itu dapat merugikan Anda di peringkat mesin pencari. Apakah Anda ingin melihat peringkat yang lebih tinggi di hasil pencarian? Jika demikian, Anda perlu fokus pada desain situs seluler Anda terlebih dahulu.

Menjadikan Konfigurasi Situs Anda Ramah Seluler dan Responsif

Jika situs web Anda sudah dioptimalkan untuk penggunaan seluler dan memiliki konten dan markup yang sama dengan versi desktop, Anda siap melakukannya. 

Apa yang Harus Anda Tanyakan

Jika tidak, Anda perlu menentukan sasaran Anda untuk situs seluler. Ajukan pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Menurut Anda, apa yang diinginkan pengunjung saat menavigasi situs Anda?
  • Apa yang Anda ingin mereka lakukan?
  • Apa yang Anda butuhkan untuk mewujudkan tujuan Anda?
  • Berapa banyak waktu yang dapat Anda curahkan untuk membuat situs yang ramah seluler?
  • Apa sumber daya Anda?

Tujuan akhir Anda adalah membuat desain ramah seluler yang responsif. Oleh karena itu, Anda perlu mempelajari apa yang dianggap sebagai desain UX responsif untuk seluler.

Jika situs web Anda sudah dioptimalkan untuk penggunaan seluler dan memiliki konten dan markup yang sama dengan versi desktop, Anda siap melakukannya. 

Membuat Desain Situs Web yang Responsif

Situs web yang responsif memungkinkan pengguna untuk melihat layar elektronik apa pun tanpa kesulitan. Oleh karena itu, situs web responsif menyesuaikan tata letaknya dengan ukuran jendela dan browser. Meskipun situs ini disesuaikan untuk semua yang ada di halaman, itu tetap serupa di perangkat seluler dan PC. Kode HTML dan URL yang sama juga digunakan.

Desain responsif sederhana untuk dipelihara dan terus diperbarui, karena mudah dikonfigurasi. Untuk membangun desain yang responsif, situs harus disiapkan agar terlihat bagus di PC dan seluler. Oleh karena itu, untuk menghemat uang, Anda dapat memulai dengan halaman yang menerima lalu lintas seluler paling banyak. 

Pertama, Identifikasi Kontennya

Ini berarti Anda harus mengetahui sesuatu tentang membuat situs multi-perangkat. Pada dasarnya, Anda harus terlebih dahulu mengidentifikasi konten yang akan Anda perlukan dan ingin berikan kepada pengguna. Selanjutnya, Anda perlu membuat sketsa arsitektur informasi atau IA untuk area pandang yang lebar dan sempit. 

Terakhir, Anda perlu menghasilkan tampilan kerangka halaman yang menampilkan konten tanpa menyertakan elemen gaya. Latihan membangun situs ini akan membantu Anda lebih memahami UX atau desain pengguna yang responsif.

Menerapkan Desain Dinamis

Dengan ramah seluler, Anda juga dapat memilih desain dinamis, atau pendekatan yang lebih disesuaikan untuk konfigurasi situs web Anda. Jika Anda memilih desain ini, Anda dapat mengoptimalkan situs Anda untuk kueri penelusuran yang berbeda atau memberikan pengalaman khusus di situs seluler Anda. 

Hasilnya, Anda dapat membuat beberapa versi halaman untuk satu URL. Apakah Anda ingin menargetkan audiens yang berbeda? Jika demikian, Anda mungkin ingin menggunakan konfigurasi ini untuk situs seluler. Meskipun Anda tidak perlu meminta desain ulang situs secara penuh, Anda perlu memperbarui dan memelihara desain dinamis lebih sering. Google menawarkan pedoman untuk membuat situs web layanan dinamis, yang dapat Anda akses di sini .

Menyiapkan URL Terpisah

Alih-alih membuat desain responsif yang berfungsi dengan URL yang sama untuk platform seluler dan situs PC Anda, Anda dapat menyiapkan URL terpisah untuk situs seluler Anda. Oleh karena itu, situs ramah seluler Anda akan ada di URL terpisah. 

Situs ini biasanya berada di subdomain dan akan terlihat sama dengan situs PC. Seperti situs dinamis, Anda harus melakukan pemeliharaan tambahan. Namun, memiliki URL terpisah memungkinkan Anda menciptakan pengalaman seluler yang lebih pasti. Ini dapat membuat situs Anda lebih rentan terhadap masalah teknis juga.

Mencegah Masalah dengan Duplikasi Konten

Untuk menghindari masalah duplikasi konten, Anda perlu menyertakan tag rel = “canonical” dan rel = “alternate” dalam kode sehingga halaman seluler tersebut adalah versi halaman desktop. Semua pengalihan harus diminimalkan untuk mencegah adanya hambatan saat memuat. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang rekomendasi Google untuk membuat situs ramah seluler menggunakan URL yang berbeda di sini .

Tetap dengan Desain PC Anda

Anda masih dapat membuat versi desktop, bahkan dalam lingkungan ramah seluler saat ini. Meskipun Anda berpotensi kehilangan banyak lalu lintas situs seluler, lebih baik memiliki situs desktop yang berfungsi penuh. Desktop Anda masih dapat dicari dengan perangkat seluler. Oleh karena itu, Anda dapat memeriksa untuk mengetahui apakah konten situs Anda dapat diakses dengan menggunakan alat, seperti Google Search Console, dan meninjau temuan kegunaan seluler.

Menyelesaikan Masalah Teknis

Opsi mana pun yang Anda rencanakan untuk digunakan, Anda harus memastikan semuanya berfungsi sebagaimana mestinya. Siapkan audit situs untuk melihat apakah Anda perlu menyelesaikan masalah teknis apa pun, seperti konten duplikat, deskripsi meta, tautan rusak, atau rantai pengalihan.

Apa pun yang Anda pilih untuk dilakukan akan bergantung pada sumber daya yang Anda miliki. Untuk memaksimalkan sumber daya Anda, Anda hanya perlu memastikan bahwa Anda telah mengatasi semua masalah teknis terlepas dari konfigurasi yang akhirnya Anda gunakan.

Ramah Seluler dan Istilah Pencarian PC

Selain itu, jangan lupa untuk membedakan antara kata kunci yang Anda gunakan untuk PC dan situs seluler Anda. Istilah pencarian biasanya berbeda. Karenanya, kata kunci untuk situs seluler Anda biasanya akan berbeda dari apa yang Anda gunakan untuk situs PC. Jika saat ini Anda tidak dioptimalkan untuk seluler, Anda perlu mulai melakukan sesuatu sekarang. Pesaing Anda mungkin sudah mulai. Jangan ketinggalan saat melakukan perubahan situs. “Seluler” adalah kata kunci yang akan meningkatkan lalu lintas ke situs web Anda. 

Bagaimana menurut anda?

Bagaimana menurut anda? Apakah Anda yakin lebih mudah menggunakan desain situs web yang responsif? Sudahkah Anda menerapkan desain situs ini sehingga pengguna dapat melihat salinan Anda dari area pandang yang berbeda? Apakah itu sangat meningkatkan lalu lintas Anda? Google telah membuka pengindeksan ramah seluler, jadi sekaranglah waktunya untuk memastikan situs Anda ditingkatkan dan dapat diakses oleh pengguna seluler dan PC.

Demikian Artikel Tentang SEO Untuk Seluler Yang Harus Anda Ketahui

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: